Rabu, 11 Juni 2014

Wakil Bupati Jadi Penari India

Maya Rosida Wakil Bupati Wonosobo mengenakan busana khas India tengah menari bersama pengurus Lanjut Usia Wonosobo, kemarin (4/6).
Hari lanjut usia  (Halun) Ke-18 di Kabupaten Wonosobo diperingati dengan meriah, Rabu (4/6).Sedikitnya 500 orang lanjut usia dari 15 Kecamatan memadati Pendopo Kabupaten, beragam acara, mulai dari senam sehat lansia, tari payung, tari angguk dan lengger hingga fashion show disuguhkan. Bahkan Wakil Bupati Maya Rosida ikut terlibat berperan sebagai Penari India.
Opera mini yang melibatkan Maya Rosida sebagai Ketua Komda Lansia, menutup penghujung acara. Bersama beberapa pengurus Lansia, Maya tampil percaya diri, menari berbusana India, berbaur dengan penari lain yang memerankan berbagai peran. Totalitas Wabup dalam berbaur dengan para lanjut usia tersebut menuai applaus panjang dan pujian dari kaum sepuh Wonosobo.
Di depan segenap unsur Muspida dan Ketua DPRD Wonosobo yang hadir, Maya mengakui bahwa semangat kaum sepuh di Kabupaten Wonosobo layak mendapat acungan jempol.
“Di usia yang sudah mendekati angka 80, banyak yang masih sangat aktif dalam beragam kegiatan, baik seni dan budaya, maupun sosial kemasyarakatan,”katanya.
Maya mencontohkan para lansia penari angguk dari Selomerto dan penari lengger Wanasaba dari Sendangsari, dan Candi Mudal yang dalam kesempatan tersebut menampilkan kebolehannya.
“Dengan adanya semangat untuk berkesenian maupun beraktifitas dalam kegiatan-kegiatan positif lainnya, Wabup yakin, kaum lansia di Wonosobo akan mampu mempertahankan kesehatan diri dan tetap memberi makna bagi masyarakat luas,”katanya.
Kunci lain disamping menjaga semangat dan kesehatan,menurut Maya, agar para sepuh senantiasa memupuk kebahagiaan agar tercipta ketenteraman lahir dan batin. Berkumpul bersama anak cucu dan rutin bersosialisasi dengan sesama lansia, serta mengikuti posyandu lansia secara berkala.
“kalau aktif dalam kegiatan ini, saya yakin mampu menghadirkan rasa bahagia dalam diri setiap lansia,”katanya.
Karena itulah, Maya mengungkapkan apresiasi dan terimakasih, kepada segenap pihak di lingkup Pemkab maupun DPRD, serta jajaran Panitia Hari Lanjut Usia ke 18, yang telah berkontribusi aktif hingga terselenggaranya acara meriah tersebut.
“Ke depan,saya  berharap agar perhatian terhadap aktivitas lansia di Kabupaten Wonosobo lebih optimal lagi, sehingga kreatifitas dalam berkesenian, maupun aktifitas sosial kemasyarakat di kalangan lansia juga semakin beragam,”katanya.
Harapan Wabup tersebut selaras dengan apa yang diungkapkan Ketua Panitia Halun 2014, Drs Muhson , menurutnyaaktifitas kaum lansia di Wonosobo memang memerlukan dukungan penuh semua pihak.
“Dengan adanya dukungan, baik dalam bentuk moril maupun materiil yang memadai, kami optimis, para lansia Wonosobo akan semakin aktif dan mampu memberi makna positif, terutama dalam upaya menjadi teladan bagi generasi muda,”katanya.(rase)

wonosobo.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar