Kamis, 28 Mei 2015

MPEG Streamclip program cut video tanpa konversi ulang

Software MPEG Streamclip untuk memotong video tanpa reencode atau di potong seperti video aslinya. Video di potong tanpa konversi sehingga tidak mengurangi kualitas gambar.



MPEG Streamclip memiliki fungsi sederhana, selain untuk memotong atau menambah potongan video. Fitur lain ditambahkan untuk output ke beberapa format video.

Apa fungsi utama dari MPEG Streamclip

Di era digital, kemampuan perangkat video recording tidak terbatas dimiliki alat camcorder. Camera digital sampai smartphone / tablet sudah difungsikan untuk foto dan merekam video. Bila kita merekam sebuah video, terkadang ada bagian yang tidak perlu ikut terekam. Membuat durasi video lebih panjang, walau bagian yang perlu hanya sebagian. Sebagai contoh :
  1. Merekamsebuah kegiatan selama 10 menit, tapi bagian penting yang dibutuhkan sekitar 2-3 menit saja.
  2. Camera sudah on untuk merekam kedatangan objek, tapi agak terlambat tampil. Akhirnya rekaman di bagian depan tidak ada artinya.
  3. Atau mengabadikan kegiatan olahraga, sementara camera sudah on lama. Ternyata targetnya sedikit terlambat beraksi.
  4. Atau mengabadikan sebuah momen yang direkam selama 20 menit. Hanya bagian pentingnya terpisah pisah di waktu 1 sampai 2 menit, bagian lain ada di 4-5 menit, dan seterusnya.
Bila ingin menyimpan file video rekaman utuh seperti ini, tentu bagian yang tidak penting harus terbawa. Seandainya ingin di edit dengan software video editor, rata rata software melakukan reencode atau melakukan konversi ulang dari output file video. Dampaknya kualitas video bisa saja menurun bila salah setting.

Dengan MPEG Streamclip, kualitas file video tidak berubah karena software ini memang tidak melakukan perubahan apapun dari video yang di edit. Software MPEG Streamclip dapat mengunting bagian video tanpa melakukan proses konversi yang membutuhkan waktu. Misalnya video dengan durasi 2 menit sebesar 200MB, lalu diambil pada bagian tengah selama 1 menit. Hasilnya kualitas video yang dipotong selama 1 menit memang adalah file yang digunting sebesar 100MB.
MPEG Streamclip dapat memotong bagian video yang terlalu panjang. Misalnya video 20 menit, dapat ambil bagian demi bagian saja yang penting dan langsung di edit dan disatukan dari software ini.

Keuntungan utama dengan MPEG Streamclip sebagai software editing video seperti memotong file saja seperti mengcopy file asli menjadi potongan lebih kecil ke video lain. Tidak membutuhkan waktu konversi video yang lama, seakan proses mencopy dari file video asli menjadi potongan file yang diambil.

Selain kemampuan untuk cut dan paste video, ada beberapa fitur lain dari software MPEG Streamclip
  1. Dengan Save As, adalah mengambil potongan file yang ada di video editor. Bagian ini tidak merubah sama file video dan sama seperti aslinya.
  2. Dengan Export, disini proses pemotongan file akan di konversi. Bisa ke format lain seperti format video Quicktime, DV, AVI, MPEG, atau Audio.  Pada bagian Export to Other Format, bagian ini untuk merubah tipe format dan bit rate yang diperlukan.
  3. Berfungsi untuk ekspor video ke gambar JPG, TIFF dan PNG. Seperti membuat frame by frame, semua gambar akan di ekspor menjadi potongan gambar.



Untuk proses cut atau memotong dengan software ini, hanya perlu dibaca tombol yang dipakai. Seperti tombol I untuk In di awal video dan O untuk out dibagian akhir video. Setelah garis bar dibagian bawah tampak, cukup menekan Save as atau di Export.


Semoga bermanfaat sahabat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar